azizherwit

Sabtu, 15 September 2012

Beberapa saran dalam pengembangan kreativitas anak



  1.  Kebebasan, artinya tidak selalu berusaha mengendalikan anak-anak dan merasa telalu cemas dengan apa yang dilakukan anak.
  2. Rasa hormat, artinya selalu menghargai dan menghormati keberadaan anak sebagai individu yang unik dan memiliki kemampuan secukupnya.
  3. Kedekatan emosional, artinya pendidikan tidak bersikap posesif yang menyebabkan anak terlalu tergantung pada orang lain.
  4. Nilai dan bukan peraturan, artinya tidak menjejali anak dengan peraturan-peraturan yang sangat detail.
  5. Prestasi, dan bukan angka, artinya lebih menekankan pentingnya meraih hal-hal sebaik mungkin dengan tidak terlalu menekan anak untuk memperoleh angka yang sempurna.
  6. Orang tua yg aktif, artinya orang tua pun memiliki minat yang beragam baik di dalam maupun di luar rumah dan tidak menekankan pada perbedaan status sosial atau tidak mudah terpengaruh oleh tuntunan hidup.
  7. Menghargai kreativitas, yaitu mendukung anak untuk lebih melakukan hal-hal yang kreatif melalui sarana penunjang (peralatan) dan pengalaman baru yang menarik, dsb. 
  8. Visi, orang tua harus memiliki visi yang jelas tentang anaknya bahwa mereka mampu menjadi dan melakukan hal-hal yang luar biasa, sesuai kreativitas dengan bakat serta keterampilan yang dimilikinya. ^semoga bermanfaat^


0 komentar:

Posting Komentar